PHOTO ALBUM

Senin, 02 Agustus 2010

Menyampaikan gagasan dalam bentuk ceramah atau pidato

Ceramah merupakan kegiatan komunikasi massa. Pesan yang disampaikan bersifat umum karena diitujukan kepada banyak orang. Seorang penceramah diharapkan mampu : berbicara dengan bahasa yang jelas dan menarik, jawaban tidak menggurui dan berbelit-belit, memelihara kontak mata dengan penanya serta hadirin, menunjukkan wajah yang cerah dan penuh simpati ketika menjawab tiap pertanyaan.
Pidato adalah kegiatan komunikasi satu arah yaitu pembicara memberkan materi kepada pendengar. Adapun jenis pidato antara lain : Informatif (pidato yang memberikan penjelasan), persuasif (pidato yang berusah mempengaruhi para pendengar), Agitif (pidato yang memberikan hasutan), dan rekreatif (pidato yang berusaha memberikan hiburan atau rekreasi). Pidato berdasarkan sifatnya : tidak resmi (pidato yang dilakukan di lingkungan keluarga), setengah resmi (pidato yang dilakukan dalam suasana bukan dinas atau keluarga misalnya khotbah), kenegaraan ( pidato yang dilakukan pemimpin negara).
Pidato dilihat dari media yang digunakan yaitu : televisi/radio, tertutup dan terbuka. Kemudian metode yang digunakan yaitu : improtu yaitu pidato yang dilakukan tanpa adanya persiapan, naskah yaitu pidato yang dilkaukan dengan menggunakan naskah, ekstemporal yaitu pidato yang dilakukan dengan menyusun kerangka, dan hafalan yaitu pidati yang dilakukan dengan menyiapkan naskah kemudian menhafal tiap materi pada naskah.
Teknik yang dilakukan untuk menyiapkan ceramah dan pidato yaitu : a) persiapan materi dengan menyaipkan tema, data rujukan, tujuan, analisis pendengar, penentuan metode, kerangka dan dikembangkan. b) persiapan pembawaan : persiapan diri, mental kuat, percaya diri, mengendalikan emosi, konsentrasi, dan pengaturan intonasi dan tempo.
Susunan pidato antara lain : salam awal, pendahuluan (maksud dan tujuan), materi pokok/masalah pidato, kesimpulan, harapan dan himbauan, serta salam akhir.
Langkah-langkah dalam mempersiapkan pidato antara lain :
a. Meneliti masalah meliputi : menentukan maksud pidato, menganalisis pendengar dan situasi, memilih dan menyempitkan topik.
b. Menyusun uraian meliputi : mengumpulkan bahan, membuat kerangka uraian, menguraikan secara rinci.
c. Mengadakan latihan dengan suara nyaring.

Tidak ada komentar:

Identitas Anda

Sign by Dealighted - Coupons and Deals

Sign by Dealighted - Coupons and Deals

Pesan dan Kesan Anda


Free shoutbox @ ShoutMix
 
AddMe - Search Engine Optimization